Kamis, 19 Januari 2012

Menuju Madrasah Unggulan MTs Padureso Modern Green School

DATA PROGRAM KERJA MEMBENTUK MADRASAH UNGGULAN DAN BERKARAKTER
MTs PADURESO
TAHUN 2011/2012






YAYASAN TARBIYATUL ATHFAL
MADRASAH TSANAWIYAH PADURESO
JL. Central PLTA Wadaslintang Padureso Kebumen Jawa Tengah 54394
Website ; www.mtspadureso.tk Email : http//: mtspadureso.@gmail.com Telp. 0287 5522774
2012
YAYASAN TARBIYATUL ATHFAL
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PADURESO
Alamat : Central PLTA Wadaslintang, Sendangdalem, Padureso
KEBUMEN - JAWA TENGAH 54394
Website ; www.mtspadureso.tk Email : http//: mtspadureso.@gmail.com Telp. 0287 5522774

KATA PENGANTAR
Bismillahirrochmanirrochim
Dengan mengucapkan Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyusun instrumen Program Kerja “membentuk Madrasah Unggulan dan Berkarakter”.
Pada area globalisasi ini menuntut masing-masing individu untuk dapat berkompetensi dan bersaing secara ketat di dalam meraih berbagai peluang-peluang.
Dinamika kehidupan telah menuntut adanya perubahan budaya serta pola pikir masyarakat agar mampu menghadapi tuntutan zaman yang semakin komplek. Di antaranya adalah budaya dan pola pikir masyarakat tentang pengtingnya Sumber Daya Manusia (SDM); yang telah membuat orang tua murid mulai peduli terhadap dunia pendidikan demi masa depan anak-anaknya.
Anak adalah investasi masa depan yang tak ternilai harganya, sehingga orang tua harus lebih cermat dan selektif dalam memilih lembaga pendidikan yang bermutu untuk anak-anaknya. Orang tua tidak ingin terjebak pada pola pendidikan sekuler yang mengedepankan aspek kognitif saja sehingga aspek spiritual dan moral dikesampingkan.
Para orang tua yang demikian ini tentu akan melirik lembaga pendidikan umum yang bernuansa agamis atau lembaga pendidikan plus. Madrasah Tsanawiyah adalah SLTP yang berciri khas keagamaan dan diharapkan dapat menjadi alternative utama untuk menjawab persoalan-persoalan diatas.
Selain Madrasah Tsanawiyah juga menjadi tumpuan masyarakat dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai agar lebih besar dan mampu merespon era globalisasi dengan kemenangan-kemenangan. Oleh karena itu lulusan Madrasah Tsanawiyah perlu dibekali dengan kompetensi-kompetensi individu yang bisa dan mampu bersaing.
Akan tetapi untuk merespons tantangan di atas Madrasah pada umumnya masih terdapat kendala-kendala sebagai berikut :
• Masih adanya sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa Madrasah Tsanawiyah adalah merupakan Lembaga Pendidikan Tradisional yang mutu pendidikannya dipertanyakan.
• Kurangnya perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan madrasah baik yang menyangkut sarana maupun personil tenaga pengelola, guru dan siswanya.
• Adanya input yang relative berada di bawah sekolah-sekolah umum.
• Perolehan nilai ujian yang relative lebih rendah di banding dengan Lembaga Pendidikan Umum.
Dalam kerangka mencari solusi mengenai masalah tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengadakan berbagai kegiatan perbaikan dan peningkatan mutu Madrasah guna meningkatkan prestasi madrasah yang uraian dan rinciannya akan kami paparkan dalam proposal ini.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami ucapkan terima kasih dengan iringan do’a “Jazakumullah Akhsanal Jaza”.


Mengetahui
Ketua Dewan Pembina Yayasan
Kepala Madrasah


Drs. Rajab Sutarto

Hamid, A.Md










PROFIL
MTs PADURESO KEBUMEN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012












IDENTITAS











PROFIL GURU
MTs PADURESO
NO Nama Lengkap Pendidikan Terakhir Mata Pelajaran
(Khusus Gr.MTs) Keterangan

1 2 3 4 5
1 Drs.H.Ashar Muhamadi, M.Ag. S2 B.Inggris
2 Drs. Abdullah S1 B. Arab
3 Nurjaman, S.Pd., M.Si S2 Matematika
4 Muslihudin,S.Pd S1 IPS
5 Musringah,S.Pd.I S1 Matematika
6 Nunung Nur Hidayati,S.Pd.I S1 Aqidah Akhlaq
7 Nur Rokhani, S.Pd.I S1 Fiqih
8 Retno Weningsih,S.Pd S1 B. Inggris
9 Rinowati,S.Pd S1 IPA
10 Sri Setyowati,S.Pd S1 B. Indonesia
11 Supri Hartini,S.Pt S1 B. Indonesia
12 Teguh Rahayu, S.Pd.Orkes S1 Penjasorkes
13 Hani Nur Cahyo, S.Pd S1 B.Inggris
14 Arif Sulthoni,SH.I S1 B. Arab
15 Ujud Supriaji, S.Pd.I S1 TIK Sedang melanjutkan study S2
16 Sigit Nurrokhman, S.Pd S1 IPA
17 Fitri Retno Palupi, S.E S1 PKn
18 Sri Wahyujati, S.Pd. S1 Matematika
19 Dewi Handayani, S.Pd S1 IPS
20 Suparno, S.Ag S1 Aqidah Akhlaq Sedang melanjutkan study S2
21 Diana Dwi P R, S.Pd S1 Seni Budaya
22 Galuh Tistantri Angrianto, S.Psi S1 BK/BP
23 Alfi Sarofah, S.Pd S1 IPS
24 Abdullah Al Hafidz, M.Ag S2 Fiqih Sedang melanjutkan study S3
25 Hamid, S.Pd.I S1 Ketrampilan
26 Mustangin, S.Ag S1 Aqidah Akhlaq

S1 : 23
S 2 : 3
Lulusan Luar Negeri : -
JUMLAH GURU : 26









DATA PROFIL SISWA
Kelas Tahun
2004/2005 Tahun
2005/2006 Tahun
2006/2007 Tahun
2007/2008 Tahun
2008/2009 Tahun
2009/2010 Tahun
2010/2011 Tahun
2011/2012
VII
VIII
IX 93
52
68 105
90
50 101
99
80 120
90
104 120
111
96 109
105
108 119
103
107 131
123
113
Jumlah 213 245 280 314
327 322 329 367










LUAS LAHAN
MADRASAH/SEKOLAH

Luas lahan sekolah/madrasah = 22.801 m2
Dengan jumlah siswa rombel : 9 dengan luas lahan 22.801 m2
Luas perkelas 7 X 8 56 m2
Luas seluruh kelas(8x56) +(1x84) 532 m2
Luas per kelas 56 m2 : 32 siswa 1,75 m2

Sertifikat lahan ada
a. Sertifikat tanda bukti hak pakai no 10 dengan luas 20.481 m2
b. Sertifikat tanda bukti wakaf dengan luas 2.320 m2
Jumlah lahan tanah 22.801 m2









PRASARANA YANG DIMILIKI

No. Jenis Prasarana Ketersediaan Luas
Kondisi

Ada jumlah
1 Ruang Kelas √ 9 532 m2
2 Ruang Perpustakaan √ 1 84 m2
3 Ruang Laboratorium IPA √ 1 56 m2
4 Ruang Pimpinan √ 1 21 m2
5 Ruang Guru
√ 1 35 m2
6 Ruang Tata Usaha √ 1 21 m2
7 Tempat Beribadah √ 1 56 m2
8 Ruang Konseling √ 1 3,6 m2
9 Lab. Multimedia √ 1 56 m2
10
Lab. Komputer √ 1 35 m2
11 Lab. Bahasa √ 1 56 m2
12 Balai Education √ 1 135 m2
13 Ruang UKS/M √ 1 12 m2
14 Ruang OSIS √ 1 56 m2
15 Ruang Pramuka Gabung dengan R. OSIS
16
Jamban √ 7 2 rusak
17 Gudang √ 1 16 m2
18 Ruang Sirkulasi √ 9
448 m2
19 Tempat Bermain/berolah raga √ 3 1.282 m2
20 Asrama √ 2 Di luar lingkungan Madrasah






SISTER SCHOOL
Belum memiliki.













PRESTASI NASIONAL
A. AKADEMIK
Belum ada, baru sampai tingkat kabupaten( Speak Contes juara II th. 2011)

B. NON AKADEMIK
Belum ada, baru tingkat propinsi (Juara I Volley Ball mewakili Kab. Kebumen Th.2009, ..............)






HASIL AKREDITASI
Hasil BAN-SM Provinsi Jawa Tengah :
MTs Padureso
Jl . Central PLTA Wadaslintang, Sendangdalem, Padureso Kabupaten Kebumen

Komponen Akreditasi Nilai Komponen

Standar Isi 82
Standar Proses 89
Standar Kompetensi Lulusan 88
Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan 78
Standar Sarana dan Prasarana 87
Standar Pengelolaan 89
Standar Pembiayaan 94
Standar Penilaian Pendidikan 84

Nilai Akreditasi : 86
Peringkat Akreditasi : “A”
Tanggal Penetapan : 27-Okt-2011
Hasil dapat di akses http://ban-sm.or.id/provinsi/jawa-tengah/akreditasi/view/233899





PERINGKAT UN
Tk. KABUPATEN/KOTA

 TAHUN 2009
Kabupaten Tingkat Bhs.Indo Bhs.Inggrs Matematika IPA PERINGKAT
Kebumen
S 17 29 32 29 32
N+S 23 32 35 32 35


 TAHUN 2010
Kabupaten Tingkat Bhs.Indo Bhs.Inggrs Matematika IPA PERINGKAT
Kebumen S 2O 17 33 8 15
N+S 26 18 40 9 19

Ket: S = SWASTA,
N = NEGERI




MENGADAKAN MOU/KERJASAMA

1. PLAN Kab. Kebumen
 Pelatihan siswa membuat bibit Th. 2007
 Pelatihan siswa dasar kepemimpinan Th. 2009
 Pelatihan siswa jurnalistik Th. 2010
2. STAINU Kebumen
 Penempatan Mahasiswa PPL Th.2011
 Bantuan Buku untuk Perpustakaan dari Alumni STAINU KEBUMEN
3. LAZIS Kab. Kebumen
 Program sedekah subuh Guru dan Siswa
 Santunan Anak Yatim dan Piatu Siswa
 Beasiswa Anak Yatim dan Piatu Siswa
 Bantuan sarana Asrama
 Mengikuti Jambore Anak Yatim Piatu se-Kedu di Magelang
4. PNPM MANDIRI Kec. Padureso
 Kegiatan Pelatihan PNPM MANDIRI
 Penyewaan tempat untuk pertemuan, seminar dan rapat PNPM MANDIRI
 Kerjasama penyewaan alat audio-video sebagai sarana Usaha Kemandirian Madrasah
5. GNOTA Jakarta
 Penerimaan beasiswa untuk Siswa tidak mampu, menjadi anak asuh
6. Indonesia Power
 Beasiswa anak tidak mampu
 Kerjasama penggunaan fasilitas Indonesia Power untuk sarana pendidikan Madrasah
7. Dinas pendidikan Kec. Padureso
 Kerjasama Peningkatan Mutu Madrasah
 Pelatihan IT Kepala dan Guru SD se-Kec. Padureso di Madrasah
8. PGRI Kec. Padureso
 Kerjasama Peningkatan Mutu Kompetensi guru Madrasah
 Penyewaan tempat untuk pertemuan, seminar dan rapat PGRI Kec. Padureso.
JUMLAH GURU SERTIFIKASI
NO Nama Lengkap Pendidikan Terakhir Mata Pelajaran
(Khusus Gr.MTs) SERTIFIKASI/TAHUN

1 2 3 4 15
1 Drs.H. Ashar Muhamadi, M.Ag S2 B.Inggris -
2 Drs. Abdullah S1 B. Arab SUDAH/2009
3 Nurjaman, S.Pd, M.Si S2 Matematika SUDAH/2009
4 Muslihudin,S.Pd S1 IPS SUDAH/2007
5 Musringah,S.Pd.I S1 Matematika SUDAH/2009
6 Nunung Nur Hidayati,S.Pd.I S1 Aqidah Akhlaq -
7 Nur Rokhani, S.Pd.I S1 Fiqih -
8 Retno Weningsih,S.Pd S1 B. Inggris SUDAH/2009
9 Rinowati,S.Pd S1 IPA SUDAH/2009
10 Sri Setyowati,S.Pd S1 B. Indonesia SUDAH/2009
11 Supri Hartini,S.Pt S1 B. Indonesia SUDAH/2009
12 Teguh Rahayu, S.Pd.Orkes S1 Penjasorkes -
13 Hani Nur Cahyo, S.Pd S1 B.Inggris -
14 Arif Sulthoni,SH.I S1 B. Arab -
15 Ujud Supriaji, S.Pd.I S1 TIK -
16 Sigit Nurrokhman, S.Pd S1 IPA SUDAH/2011
17 Fitri Retno Palupi, S.E S1 PKn SUDAH/2011
18 Sri Wahyujati, S.Pd. S1 Matematika -
19 Dewi Handayani, S.Pd S1 IPS SUDAH/2010
20 Suparno, S.Ag S1 Aqidah Akhlaq -
21 Diana Dwi P R, S.Pd S1 Seni Budaya -
22 Galuh Tistantri Angrianto, S.Psi S1 BK/BP -
23 Alfi Sarofah, S.Pd S1 IPS SUDAH/2010
24 Abdullah Al Hafidz, M.Ag S2 Fiqih -
25 Hamid, S.Pd.I S1 Ketrampilan -
26 Mustangin, S.Ag S1 Aqidah Akhlaq SUDAH/2009

 JUMLAH GURU SERTIFIKASI : 13 (TIGA BELAS) Orang



PELAKSANAAN SEMESTER

Pelaksanaan semester dilaksanakan mandiri, sampai perangkat pembelajaran, soal ujian, data nilai dan kepribadian Siswa menggunakan format mandiri berbeda dari madrasah lainnya.











MEMILIKI RKM/RENSTRA/RPM

Memiliki RKM yang sudah di buat 1 tahunan dan 4 tahunan dari 2009 sampai 2014. Terlampir












STANDAR ISO

Belum memiliki, sedang dalam proses tahap persiapan untuk mendapatkan sertifikat ISO, serta menjalin kerjasama dengan Sekolah Berstandar RSBI.











TARGET MADRASAH UNGGULAN DAN BERKARAKTER

Dengan peringkat Terakreditasi “A” tidaklah bagi kami sudah merasa puas maka kami pada tahun ajaran baru tahun 2011/2012 menerapkan MTs Padureso, sistem pembelajaran “Modern Green School” Menuju Madrasah Unggulan . Arti Modern Green School adalah menggunakan sebuah pembelajaran ICT dan dilengkapi dengan Laboratorium Alam , sedangkan yang dimaksud Laboratorium Alam adalah letak dan kondisi geografis yang sangat menunjang bagi media pembelajaran di luar kelas, untuk itu sebagai pembakar semangat kami dalam lebih meningkatkan kompetensi kami guru-guru Madrasah Tsanawiyah Padureso. Sebenarnya sudah di canangkan jauh hari sebelumnya dari tahun 2009 maka kami menargetkan tahun 2015/2016 menjadi “Madrasah Unggulan dan Berkarakter”









PROGRAM EMERSI/ BILINGUAL

Untuk saat ini program Emersi(percepatan) belum ada, tapi sistem sudah terbentuk dikarenakan anak di buatkan buku pintar per-Mapel yang harus disetorkan ke masing –masing Guru mapel sesuai dengan Kompetensi Dasar dimilikinya.
Adanya kelas Bilingual dengan pengantar minimal 2 bahasa Yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing (Arab dan Inggris) sudah berjalan.









BOARDING SCHOOL

Mempunyai Boarding School, bisa dilihat fotot-foto Boarding school.








KEUNGGULAN YANG DIMILIKI

 IT (Internet Teknologi).
 CAS ( Centre Activities Student).
 Clinic Education.
 Hotspot Area.
 Finger Spot(absensi sidik jari untuk Guru dan Siswa)
 Perpaduan Modern dan Alam yang menunjang sebagai sarana KBM.
 Terbentuknya sebuah sistem kesantunan pribadi, keramahan anak dan seluru stake holder(keluarga besar) Madrasah.
 Laboratorium Alam
 Setiap Ruang Kelas dipasang LCD
 Kelompok belajar Siswa ada Fasilitas Note book guna menunjang pembelajaran.
 Education Park.


S







LAMPIRAN-LAMPIRAN









Konten Dewasa +17 ke atas.....