Minggu, 25 Desember 2011

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : ..............................................
Mata Pelajaran          : ..............................................
Kelas/Semester          : .......(.......)/ ..........
Standar Kompetensi   : .............................................................................

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat


Berisi pokok bahasan dan sub-pokok bahasan

Tuliskan kegiatan Inti pembelajaran, metode,dan medianya
A.      Kognitif:
1.   Produk :




2.    Proses:










B.      Psikomotor:






C.      Afektif:
1.       Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a.      Jujur,
b.      Peduli
c.       Tanggung jawab
2.       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a.      Bertanya,
b.      Menyumbang ide atau berpendapat,
c.       Menjadi pendengar yang baik,
d.      berkomunikasi

Membuat teknik dan bentuk

Penilaian Kognitif
1.  Penilaian produk, Penilaian terhadap pengetahuan yang telah dikuasai
2.  Penilaian proses , Menggunakan lembar Observasi

Penilaian Psikomotor
Penilaian dengan menggunakan lembar observasi

Penilaian Afektif
Penilaian dengan menggunakan skala sikap
Alokasi waktu per KD
Sumber:
1.       Standar Isi Mata Pelajaran

2.       Buku sekolah
3.       LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
4.       LP 2: Proses
5.       LP 3: Psikomotor
6.       LP 4: Pengamatan berperilaku Berkarakter
7.       LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
8.       Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
9.       Silabus

Bahan/ Alat: .................
......................................
.....................................

                                   
Mengetahui:                                                                                                                                                   Padureso, .................................. 2011
Kepala Madrasah                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mapel .......


.............................................                                                                                                                           ......................................................

*CONTOH
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : MTs Padureso Modern Green School
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : IX(Sembilan)/ 1 Satu
Standar Kompetensi   : 3. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
·         Jenis muatan listrik
·         Gaya tarik menarik dan tolak menolak antar muatan listrik
·         Medan listrik
·      Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
·      Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
·      Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
·      Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

Kognitif:
2.       Produk :
a.       Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu.
b.      Memberi contoh peristiwa benda yang menghasilkan muatan listrik.
c.       Menjelaskan pengertian listrik statis.
d.      Mendeskripsikan pengertian listrik statis.
e.      Memberi contoh peristiwa konsep manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.
3.       Proses:
Merencanakan dan  melaksanakan eksperimen  untuk menyelidiki sifat muatan listrik meliputi:
a.       Merumuskan masalah,
b.      Merumuskan hipotesis,
c.       Mengidentifikasi variabel manipulasi,
d.      Mengidentifikasi variabel respon,
e.      Mengidentifikasi variabel kontrol,
f.        Melaksanakan eksperimen,
g.       Membuat tabel pengamatan,
h.      Membuat grafik,
i.         Melakukan analisis data,
j.        Merumuskan kesimpulan

Psikomotor:
1.       Mendemonstrasikan hasil percobaan sederhana listrik statis.
2.       Mengambil alat, balon dengan kertas tisu dan plastik mika dengan rambut kering gosok-gosok selama 3 menit dekatkan ke kertas tisu lain yang sudah di potong kecil-kecil.

Afektif:
3.       Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
d.      Jujur,
e.      Peduli
f.        Tanggung jawab
4.       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
e.      Bertanya,
f.        Menyumbang ide atau berpendapat,
g.       Menjadi pendengar yang baik,
h.      berkomunikasi


Tertulis














Tes unjuk
Kinerja















Tes Unjuk
Kinerja









Lembar Observasi
6x50’
Sumber:
10.   LKS,diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008
11.   Kunci LKS, diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008
12.   LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1
13.   LP 2: Proses
14.   LP 3: Psikomotor
15.   LP 4: Pengamatan berperilaku Berkarakter
16.   LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
17.   Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
18.   Silabus

Bahan/ Alat: Kertas HVS, Balon tiup, plastik mika, penggaris,tisu dan rambut kering.

                                   
Mengetahui:                                                                                                                                     Padureso, 16 Desember 2011
Kepala Madrasah                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru IPA
MTs Padureso Modern Green School



Dr. Hamid, M.Si.                                                                                                                              Sigit Nurrokhman, M.Si.


 Konten Dewasa +17 ke atas.....