SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ..............................................
Mata Pelajaran : ..............................................
Kelas/Semester : .......(.......)/ ..........
Standar Kompetensi : .............................................................................
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
| Berisi pokok bahasan dan sub-pokok bahasan | Tuliskan kegiatan Inti pembelajaran, metode,dan medianya | A. Kognitif: 1. Produk : 2. Proses: B. Psikomotor: C. Afektif: 1. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: a. Jujur, b. Peduli c. Tanggung jawab 2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: a. Bertanya, b. Menyumbang ide atau berpendapat, c. Menjadi pendengar yang baik, d. berkomunikasi | Membuat teknik dan bentuk Penilaian Kognitif 1. Penilaian produk, Penilaian terhadap pengetahuan yang telah dikuasai 2. Penilaian proses , Menggunakan lembar Observasi Penilaian Psikomotor Penilaian dengan menggunakan lembar observasi Penilaian Afektif Penilaian dengan menggunakan skala sikap | Alokasi waktu per KD | Sumber: 1. Standar Isi Mata Pelajaran 2. Buku sekolah 3. LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1 4. LP 2: Proses 5. LP 3: Psikomotor 6. LP 4: Pengamatan berperilaku Berkarakter 7. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 8. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian 9. Silabus Bahan/ Alat: ................. ...................................... ..................................... |
Mengetahui: Padureso, .................................. 2011
Kepala Madrasah Guru Mapel .......
............................................. ......................................................
*CONTOH
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MTs Padureso Modern Green School
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX(Sembilan)/ 1 Satu
Standar Kompetensi : 3. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
3.1 Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari | Listrik Statis · Jenis muatan listrik · Gaya tarik menarik dan tolak menolak antar muatan listrik · Medan listrik | · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik · Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik · Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik · Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik | Kognitif: 2. Produk : a. Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu. b. Memberi contoh peristiwa benda yang menghasilkan muatan listrik. c. Menjelaskan pengertian listrik statis. d. Mendeskripsikan pengertian listrik statis. e. Memberi contoh peristiwa konsep manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. 3. Proses: Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki sifat muatan listrik meliputi: a. Merumuskan masalah, b. Merumuskan hipotesis, c. Mengidentifikasi variabel manipulasi, d. Mengidentifikasi variabel respon, e. Mengidentifikasi variabel kontrol, f. Melaksanakan eksperimen, g. Membuat tabel pengamatan, h. Membuat grafik, i. Melakukan analisis data, j. Merumuskan kesimpulan Psikomotor: 1. Mendemonstrasikan hasil percobaan sederhana listrik statis. 2. Mengambil alat, balon dengan kertas tisu dan plastik mika dengan rambut kering gosok-gosok selama 3 menit dekatkan ke kertas tisu lain yang sudah di potong kecil-kecil. Afektif: 3. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: d. Jujur, e. Peduli f. Tanggung jawab 4. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: e. Bertanya, f. Menyumbang ide atau berpendapat, g. Menjadi pendengar yang baik, h. berkomunikasi | Tertulis Tes unjuk Kinerja Tes Unjuk Kinerja Lembar Observasi | 6x50’ | Sumber: 10. LKS,diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008 11. Kunci LKS, diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008 12. LP 1: Produk dilengkapi Kunci LP 1 13. LP 2: Proses 14. LP 3: Psikomotor 15. LP 4: Pengamatan berperilaku Berkarakter 16. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 17. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian 18. Silabus Bahan/ Alat: Kertas HVS, Balon tiup, plastik mika, penggaris,tisu dan rambut kering. |
Mengetahui: Padureso, 16 Desember 2011
Kepala Madrasah Guru IPA
MTs Padureso Modern Green School
Dr. Hamid, M.Si. Sigit Nurrokhman, M.Si.