Minggu, 25 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                   
                                    Satuan Pendidikan      : MTs ....................
                                    Mata Pelajaran            : ..........................
                                    Kelas/Semester            : ......(...........) / ...
Materi Pembelajaran    : ..........................                   
Alokasi Waktu             : ....... x ...... menit
 


A.      Standar Kompetensi : ................................................................................................................................................................................................................................................

B.       Kompetensi Dasar : ................................................................................................................................................................................................................................................

C.       Indikator

1.      Kognitif
a.      Produk:
....................................................................

b.      Proses:
.................................................................

2.      Psikomotor:
........................................................................

3.      Afektif

......................................................................

D.    Tujuan pembelajaran
1.      Kognitif
a.    Produk:
.............................................................................
b.   Proses:
..............................................................

2.      Psikomotor:
..............................................................
3.      Afektif
.....................................................................


A.    Materi Pembelajaran
.....................................................................

A.    Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran       : .................................................................
Metode Pembelajaran     : ..................................................................

B.     Bahan:
......................................................................


C.    Alat:
.....................................................................


D.    Proses Belajar Mengajar

1.       Pendahuluan ( ...... menit)
.........................................................................................................................................................................................................
2.       Inti
Penggalan 1 ( ....... menit)
..................................................................................................................................................................................................
Penggalan 2 ( ....... menit)
....................................................................................................................................................................................................
Penggalan 3 ( ....... menit)
......................................................................................................................................................................................................
Penggalan 4 ( ...... menit)
...............................................................................................................................................................................................................

3.    Kegiatan Penutup ( ........ menit)
..................................................................................................................................................................................................................


E.     Sumber Pembelajaran

.....................................................................................................................................................................................................................




                                                                                        Padureso, ............................. 2011
Mengetahui:
Kepala Madrasah                                                            Guru Mapel .........................
...........................................




...................................................                             ......................................................









*CONTOH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                   
                                    Satuan Pendidikan      : MTs Padureso Modern Green School
                                    Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            : IX(Sembilan) / 1
Materi Pembelajaran    : Kelistrikan                            
Alokasi Waktu             : 6 x 50 menit
 


E.       Standar Kompetensi   : 3. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami
                                      Gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan
                                       sehari-hari.

F.       Kompetensi Dasar      : 3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

G.      Indikator

4.      Kognitif
c.       Produk:
1)      Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu.
2)      Memberi contoh peristiwa benda yang menghasilkan muatan listrik.
3)      Menjelaskan pengertian listrik statis.
4)      Mendeskripsikan pengertian listrik statis.
5)      Memberi contoh peristiwa konsep manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

d.      Proses:
Merencanakan dan  melaksanakan eksperimen  untuk menyelidiki sifat muatan listrik  meliputi:
1)      Merumuskan masalah,
2)      Merumuskan hipotesis,
3)      Mengidentifikasi variabel manipulasi,
4)      Mengidentifikasi variabel respon,
5)      Mengidentifikasi variabel kontrol,
6)      Melaksanakan eksperimen,
7)      Membuat tabel pengamatan,
8)      Membuat grafik,
9)      Melakukan analisis data,
10)  Merumuskan kesimpulan

5.      Psikomotor:
1)      Mendemonstrasikan hasil percobaan sederhana listrik statis.
2)      Mengambil alat, balon dengan kertas tisu dan plastik mika dengan rambut kering gosok-gosok selama 3 menit dekatkan ke kertas tisu lain yang sudah di potong kecil-kecil.

6.      Afektif
1.      Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a.        Jujur,
b.         Peduli
c.         Tanggung jawab
2.         Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
B.        Bertanya,
C.        Menyumbang ide atau berpendapat,
D.        Menjadi pendengar yang baik,
E.         berkomunikasi

H.    Tujuan pembelajaran
4.      Kognitif
c.       Produk:
1)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, Siswa dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu.
2)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, Siswa dapat memberikan contoh peristiwa benda yang menghasilkan muatan listrik.
3)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, Siswa dapat menjelaskan pengertian listrik statis.
4)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, Siswa dapat mendeskripsikan pengertian listrik statis.
5)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, Siswa dapat mengindentifikasikan memberi contoh peristiwa konsep manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai.

d.      Proses:
Diberikan LKS yang telah dimodifikasi,siswa dapat merencanakan dan  melaksanakan eksperimen  untuk menyelidiki hubungan antara asam, basa dan garam meliputi:
1)      Merumuskan masalah,
2)      Merumuskan hipotesis,
3)      Mengidentifikasi variabel manipulasi,
4)      Mengidentifikasi variabel respon,
5)      Mengidentifikasi variabel kontrol,
6)      Melaksanakan eksperimen,
7)      Membuat tabel pengamatan,
8)      Membuat grafik,
9)      Melakukan analisis data,
10)    Merumuskan kesimpulan

5.      Psikomotor:
1)   Disediakan alat sederhana untuk Mendemonstrasikan hasil percobaan sederhana listrik statis, siswa dapat mengoperasikan alat dengan benar.
2)   Disediakan alat balon dengan kertas tisu dan plastik mika dengan rambut kering gosok-gosok selama 3 menit dekatkan ke kertas tisu lain yang sudah di potong kecil-kecil., siswa dapat menjalankan sesuai dengan langkah-langkah praktikum
3)   Di amati dengan seksama, siswa dapat melihat apa yang terjadi pada kertas tisu.
4)   Di masukkan dalam tabel hasil pengamatan, siswa dapat mengelompokkan kejadian di lingkungan sekitar berdasarkan konsep listrik statis.
6.      Afektif
1)      Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: Kejujuran, peduli, dan tanggung jawab LP 4: Pengamatan perilaku Berkarakter.
2)   Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi sesuai LP 5: Keterampilan Sosial.

F.     Materi Pembelajaran
LISTRIK STATIS
                               I.        Pendahuluan
mydad  (c) Ray Crowley Jr.  1983
Petir adalah suatu kejadian alam yang luar biasa, karena dalam setiap kejadiannya energi yang dilepaskan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Hal lain yang menakjubkan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini.
Mengapa petir dapat membebaskan energi?
 Darimana petir mendapatkan energi listrik?
Berapa biaya listrik yang dapat kita hemat jika kita dapat mengumpulkan energi dari petir?
Saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan. Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif (proton) dan negatif (elektron) dari dalam sebuah atom, yang tak terlihat oleh mata telanjang. Perbedaan jumlah proton dan elektron dalam sebuah atom mengakibatkan atom bermuatan listrik. Karena semua benda tersusun oleh atom-atom, maka perubahan muatan listrik pada atom akan mengakibatkan perubahan listrik pada benda. Setiap benda memiliki kecenderungan untuk berada dalam keadaan netral, oleh karena itu jika benda bermuatan maka secara spontan dapat membebaskan muatannya. Salah satu contohnya adalah petir.
Sifat-sifat muatan listrik antara lain:
1)  listrik terdiri dari dua jenis muatan yaitu muatan positif dan negatif,
2)  muatan listrik akan saling berinteraksi, muatan sejenis tolak menolak dan muatan tidak sejenis tarik-menarik.
Para ahli berusaha memanfaatkan muatan listrik statis untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.
                  II.        Muatan Listrik
Bagaimana Benda dapat Bermuatan Listrik?
Setiap zat tersusun atas atom-atom, dengan demikian muatan listrik suatu zat tergantung dari jenis muatan listrik atom-atomnya. Jika atom-atom benda
 lebih cenderung melepaskaan elektron, maka zat yang disusunnya lebih cenderung bermuatan positif. Sebaliknya jika atom-atom benda lebih cenderung menangkap elektron, maka zat yang disusunnya cenderung bermuatan negatif. Dengan demikian muatan listrik sebuah benda sangat tergantung dengan muatan listrik atom-atom penyusunnya.
Bagaimana cara membuat benda bermuatan listrik?
Suatu benda dapat dimuati listrik dengan dua cara
1. Menggosok
a. Menggosok penggaris plastik dengan kain wool
Penggaris menjadi bermuatan listrik jenis negatif
Apa yang terjadi jika kaca digosok dengan kain sutera?
b. Menggosok kaca dengan kain sutera
Kaca menjadi bermuatan listrik jenis positif
Menggosok.
           Mengapa dengan menggosokkan benda ke benda lain dapat membuat benda bermuatan listrik? Apakah semua benda jika digosokkan akan bermuatan listrik?
 
Muatan listrik pada sebuah benda, sangat dipengaruhi olah muatan listrik atom-atom penyusunnya.  Ada atom-atom yang cenderung
 melepas elektron, tetapi ada juga atom-atom yang cenderung mengikat elektron. Jika dua benda tersusun dari atom-atom yang memiliki perbedaan sifat tersebut saling digosokkan maka, maka interaksi itu akan lebih mudah membuat benda bermuatan listrik. Dari animasi di atas.
Jika kain sutera digosokkan pada kaca, maka elektron-elektron kaca akan berpindah menuju sutera, sehingga
 kaca menjadi bermuataan positif. sementara itu kain sutera menjadi bermuatan negatif karena mendapat tambahan elektron
             Jika kain wool  digosokkan pada plastik, maka elektron-elektron kain wool akan berpindah menuju plastik, sehingga plastik menjadi bermuataan negatif. sementara itu kain wool menjadi bermuatan positif karena kehilangan elektron-elektronnya.
2. Induksi
Bagaimana proses pemuatan listrik dengan induksi?
Induksi dapat dilakukan dengan cara mendekatkan benda yang bermuatan listrik ke benda netral. Akibatnya benda netral akan
 terpolarisasi. Jika benda netral yang telah terpolarisasi di hubungkan dengan tanah (di ground kan), maka elektron-elektronnya akan mengalir menuju tanah. Setelah penghantar yang menuju tanah di hilangkan dan benda bermuatan listrik dijauhkan, maka benda netral akan menjadi kekurangan elektron (bermuatan positif). Induksi dalam jumlah muatan tertentu dapat mengakibatkan muatan listrik melompati gap (jarak pemisah), dalam hal ini dapat menimbulkan lintasan bunga api. Salah satu peristiwa yang besar adalah terjadinya petir.
Berikut ini adalah proses terjadinya induksi listrik.
Proses Terjadinya Induksi Listrik
Sifat Muatan Listrik
Muatan listrik dapat menarik benda-benda kecil
複製 -13-1002
Potongan kertas kecil-kecil dapat menempel pada penggaris yang bermuatan listrik karena adanya gaya listrik. Jika gaya listrik lebih besar dari gaya gravitasi benda maka benda akan menempel pada penggaris, sebaliknya  jika gaya listrik kurang dari gaya gravitasi, maka benda tidak akan menempel.
Apa yang terjadi pada kertas jika benda yang didekatkan bermuatan listrik positif?
Interaksi Dua Muatan Listrik:
ha22a
Muatan tidak sejenis tarik menarik
hal22bhal22c
Muatan sejenis tolak menolak
Sifat muatan listrik
1.     Interaksi antara benda-benda yang bermuatan listrik. 
o   muatan sejenis tolak-menolak
o   muatan tidak sejenis tarik-menarik
2.     Muatan listrik ada dua jenis
o   Muatan positif
o   Muatan negatif
                  III.        Aplikasi Listrik Statis
Petir

Bagaimana petir terjadi?
Petir adalah salah satu contoh pembebasan muatan listrik dalam jumlah yang cukup besar. Pembebasan ini bisa terjadi antara awan dan awan atau antara awan dan bumi. Kenapa ke bumi? Karena bumi merupakan suatu tempat yang mampu menampung berapapun besarnya muatan listrik.  Ketika awan bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk membentuk hujan, maka awan akan mengalami polarisasi akibat pengaruh suatu tempat di permukaan bumi, biasanya tempat yang lebih tinggi terhadap sekitarnya. Polarisasi muatan ini menyebabkan terjadinya perbedaan potensial yang sangat tinggi yang bisa  mengakibatkan terjadinya loncatan bunga api kita dikenal dengan nama petir.
Description of lightning discharge processes
Pembebasan muatan listrik (discharging)
Ketika benda bermuatan listrik, dia dapat di netralisasi dengan memindahkan muatan listriknya. Proses ini dikenal dengan nama
 discharging.
Discharging pada bahan isolator.
Pemanasan adalah cara yang efektif dalam pembebasan muatan listrik. Hal ini terjadi karena panas menyebabkan udara di sekitar bahan menjadi terionisasi. Ion disekitar bahan akan menetralisasi muatan listrik bahan. 
Discharging pada bahan konduktor.
Muatan listrik bahan konduktor dapat dinetralisasi dengan menghubungkan ke bumi (grounded). Konduktor yang digunakan untuk menghubungkan bahan dengan bumi, merupakan jalur lalulintas elektron. Jika bahan bermuatan positif, maka elektron mengalir dari bumi ke bahan. Sebaliknya jika bahan bermutan negatif, maka elektron mengalir dari bahan ke bumi.
Jika beda potensial antara dua benda yang bermuatan cukup besar maka netralisasi dapat terjadi secara spontan. Salah satu contoh peristiwa pembebasan muatan listrik dalam jumlah yang besar adalah petir. Besarnya muatan listrik yang di bebaskan maka petir dapat mengakibatkan kerusakan benda-benda dipermukaan bumi seperti gedung-gedung bertingkat, pohon-pohon, dan kadang-kadang manusia. Apa yang harus dilakukan manusi untuk menghindarkan kerusakan akibat petir? Mengapa petir lebih banyak kita jumpai pada saat musim hujan?
Pembebasan muatan listrik (discharging) 
Discharging pada bahan konduktor
hal30


F.     Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran       : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran     : Diskusi dan eksperimen

G.    Bahan:

Kertas HVS

H.    Alat:

    Balon tiup, plastik mika, penggaris, kertas tisu dan rambut kering.

I.       Proses Belajar Mengajar

4.       Pendahuluan ( 10 menit)
a.      Motivasi
Pernahkah kamu membayangkan, bagaimana petir terjadi,balon dan penggaris setelah digosok-gosok menggunakan rambut dengan kertas tisu dapat menempel pada balon dan penggaris ?
b.      Pengetahuan Prasarat
 Siswa pernah melihat petir, di sisir selalu meninggalkan rambut .

5.       Inti

 Penggalan 1 ( 70 menit)
a.       Menghubungkan antara motivasi awal dengan rumusan masalah, mengapa petir dapat membebaskan energi? , taukah kamu Darimana petir mendapatkan energi listrik?

b.      Menyajikan informasi berupa rumusan masalah tentang bagaimana hubungan antara listrik statis dengan terjadinya petir serta kertas dapat menempel pada penggaris setelah di gosokkan ke rambut  mengacu pada LKS,diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008
c.      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS ,diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4,Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008 itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 2-3 siswa.
d.     Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah di berikan di LKS tersebut sambil memberi kesempatan siswa dengan jujur melakukan evaluasi diri dengan LP 2: Proses yang dibagikan.
e.      Membimbing siswa mengidentifikasi variabel manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara menunjuk satu-dua siswa untuk aktif menyumbang ide dan meminta siswa lain mengulang ide temannya untuk mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik.


Penggalan 2 (80 menit)
a.       Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan Alat Praktikum sesuai prosedur yang tertulis di LKS itu dan mengisikan hasil praktikum. Bila ada siswa yang menunjukan perilaku tidak bertanggung jawab sebera di peringatkan.
b.      Membimbing siswa menjawab hasil praktikum. Tekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan.
c.       Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang asam, basa dan garam
d.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
e.       memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
f.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
g.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
h.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
i.        memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
j.        memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Penggalan 3 ( 70 menit)
 Dalam kegiatan penggalan 3, guru:
a.         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Penggalan 4 (60 menit)
Dalam kegiatan penggalan 3, guru:

a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b.      membantu menyelesaikan masalah;
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

6.    Kegiatan Penutup ( 10 menit)

  Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.


J.      Sumber Pembelajaran

1.      Buku IPA terpadu
2.      LKS,diambil dari bse contextual teaching and learningIlmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4, Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008
3.      Kunci Jawaban LKS,diambil dari bse contextual teaching and learning Ilmu Pengetahuan Alam, sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX edisi 4, Nur Kuswanti...Jakarta, Pusat perbukuan Depdiknas. 2008
4.      LP 1: Produk dilengkapi kunci LP 1
5.      LP 2: Proses
6.      LP 3: Psikomotor
7.      LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
8.      LP 5: Pengamatan keterampilan Sosial
9.      Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
10.  Silabus






                                                                                        Padureso, 16 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala Madrasah
MTs Padureso Modern Green School                            Guru Mapel IPA




Dr. Hamid, M.Si.                                               Sigit Nurrokhman, M.Si.



 Konten Dewasa +17 ke atas.....